Home » » Mukernas PKPI Fokuskan Penguatan Strukturalisasi Parpol

Mukernas PKPI Fokuskan Penguatan Strukturalisasi Parpol

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Yusuf Karta Negara mengatakan partainya fokus penguatan struktur partai dalam rangka menggaet konstituen di setiap daerah pemilihan (Dapil).

"Penguatan struktur organisasi (partai) penting dilakukan karena merupakan mesin partai yang bisa meraup suara," kata Yusuf disela-sela Musyawarah Kerja Nasional PKPI hari ketiga di Bogor, Minggu, (30/9)

Dia menilai apabila struktur itu sudah sesuai dengan kerangka yang ditentukan maka jaringan mendekati konsituen akan mudah. Selain itu menurut dia, struktur partai perlu diperkuat karena untuk kerja politik setelah ajang Pemilu 2014.

"Mukernas ini akan dibaha percepatan program, salah satunya penguatan struktur partai nanti akan ditentukan mulai tingkat provinsi hingga Kabupaten/ Kota dan kami manfaatkan sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

Dia menjelaskan strategi penguatan itu akan difokuskan di daerah atau per daerah pemilihan yang dilakukan secara berkelanjutan. Yusuf mencontohkan Ketua Umum PKPI Sutiyoso akan semakin intens berkunjung ke daerah-daerah dalam rangka pelaksanaan strategi itu.

"Kami akan bertemu dan wawancara dengan tokoh setempat dan memanfaatkan media yang harus diikutsertakan untuk mempermudah sosialisasi dan dalam rangka menuju Pemilu 2014," tegasnya.

Menurut dia, PKPI akan menjadikan kadernya yang ada di tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/ kota menjadi ujung tombak partai. Salah satu langkah pertamanya, dia menjelaskan adalah mensinergikan semua kader untuk bekerja bagi partai namun caranya ditentukan dalam mukernas.

"Misalnya menentukan wilayah caleg, kalau salah satu caleg mau ke suatu tempat ijin dulu. Itu merupakan salah satu model dan akan kami rumuskan seperti apa," katanya.

Yusuf menjelaskan, kerjasama antar caleg PKPI sangat ditekankan karena masing-masing memiliki tanggungjawab membesarkan partai. Karena itu menurut dia akan dibentuk sistem Kader Ujung Tombak (KUT) sehingga penguatan partai hingga ke tingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

"Intinya dalam satu dapil itu caleg DPR RI ingin manfaatkan caleg dari provinsi hingga kabupaten/ kota. Nanti mereka akan bekerjasama dan kami di pusat mengawasinya," ujar Yusuf.

Menanggapi hal itu, bakal Calon Legislatif Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Ucok Jalintar Simbolon mengatakan Sutiyoso merupakan tokoh yang mampu mengakomodir semua kepentingan mayoritas dan minoritas. "Beliau (Sutiyoso) bisa mengakomodir kelompok minoritas dan mayoritas serta isu politik nasional. Seluruh kader PKPI sepakat mengusulkan Bang Yos sebagai presiden 2014-2019," kata Horas P Sihombing disela-sela Mukernas PKPI di Bogor.

Dia mengatakan saat ini merupakan momentum tepat majunya Sutiyoso sebagai bakal calon presiden di Pemilu Presiden 2014. Hal itu menurut dia Sutiyoso menawarkan "aroma" baru ditengah krisis kepemimpinan, jeratan kasus korupsi, dan terpuruknya partai politik.

"Idealnya negarawan adalah Sutiyoso dan JK (Jusuf Kalla) karena dianggap cukup ideal namun JK tidak miliki 'kapal' untuk maju. Sutiyoso dengan PKPI merupakan momentum tepat untuk menjadi presiden ketika krisis kepemimpinan terjadi saat ini," ujarnya.
  
Horas menegaskan penetapan Sutiyoso sebagai bakal capres PKPI bukan langkah terlalu dini. Karena dia yakin Sutiyoso akan menjadi simbol bagi PKPI memenangkan Pemilu 2014 disamping suara dari Poros PKPI Indonesia yang berjumlah tujuh juta suara.

"Komponen PKPI ada Poros PKPI yang jumlah suaranya tujuh juta atau 6,29 persen dan itu modal melewati parlementary treshold," ujarnya.

Editor: Edwin Tirani

0 komentar:

Posting Komentar

Label

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengikut

 
Support : MHMMD | Nusantara | Jaya 2045
Copyright © 2013. GPNTE - All Rights Reserved
Sekretariat Komplek Citra Garden Blok B.1 No.17 Floor 3 Jl. Jamin Ginting Medan
Telp. 061-8225966 HP. 082370000711